YURISTGAMEINIGAMEID101

Mengenal Apa itu RAM, Fungsi RAM Serta Jenis - Jenis RAM

Mengenal Apa itu RAM, Fungsi RAM Serta Jenis - Jenis RAM

Pada postingan sebelumnya, Sekai no Gamer membahas tentang salah satu komponen penting yang dimiliki PC, Laptop ataupun smartphone, yaitu GPU. Nah, kali ini Sekai no Gamer akan kembali membahas salah satu komponen penting selain GPU, yaitu RAM. Pastilah kalian tidak asing lagi mendengar istilah RAM. Kebanyakan orang ketika hendak membeli sebuah PC ataupun smartphone, hal yang mereka lihat pertama kali adalah RAMnya. Tapi Tahukah kamu, apa sih itu RAM?

Apa Itu RAM

RAM atau Random Access Memory adalah tempat penyimpanan sementara yang berfungsi menampung data-data yang mudah diambil dan sering digunakan. RAM merupakan sebuah memori yang mempunyai kapasitas tertentu sebagai penerima data perintah, memprogram dan mengolah lalu mengeluarkan hasil olahan data yang akan diteruskan ke komponen perangkat lain seperti prosesor, harddisk dan sebagainya.

Fungsi RAM

Fungsi RAM yaitu sebagai penyimpan/mengakses data secara sementara atas dasar dari pengolahan data yang sedang dilakukan. Prosesor yang notabennya adalah komponen yang fungsinya mengolah dan memproses semua data, tidak memiliki kapasitas memori yang cukup besar bahkan cenderung sangat terbatas sebagai penyimpan data atas perintah yang ada pada register.

Jadi, prosesor tidak dapat menyimpan seluruh informasi yang diperlukan untuk menjalankan semua akses program, apalagi jika perintah akses program yang dilakukan mempunyai ukuran yang besar. Maka dari itu perlu komponen pendamping yang mempunyai kapasitas yang besar untuk membantu prosesor dalam menyimpan data dan intruksi yang berukuran besar untuk memperlancar mengolah data dan komponen itu adalah RAM.

Jenis-jenis RAM

Ada beberapa jenis RAM menurut waktu lahirnya RAM, misalnya sekarang yang terbaru adalah RAM DDR 3. Sebelum DDR 3 ada RAM DDR 2, DDR, SDRAM dan seterusnya. Perbedaan jenis RAM ini tidak hanya seputar teknologi RAM saja namun sudah dibedakan dalam bentuk fisik berupa perbedaan soket RAM. Jadi RAM dengan jenis yang berbeda tidak akan bisa dipasang pada soket RAM yang ada di motherboard.

Berikut ini jenis-jenis RAM mulai dari yang lebih dulu sampai sekarang :
  • Static RAM (SRAM)
  • Non Nolatile RAM (NV-RAM)
  • Dynamic RAM (DRAM)
  • Syncronous DRAM (SDRAM)
  • DDR RAM (Dual data rate RAM)
  • DDR II RAM (DDR generasi kedua)
  • DDR III RAM (DDR generasi ketiga)

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai Mengenal Apa itu RAM, Fungsi RAM Serta Jenis - Jenis RAM. Semoga pembahasan kali ini dapat menambah wawasan bagi kita semua. Jika kamu merasa postingan ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya keteman - teman kamu. Happy Gaming Guys!!!

About Author

Related Post