YURISTGAMEINIGAMEID101

Apa Itu GPU dan Bagaimana Cara Mengetahui Jenis GPU Pada Smartphone Android

Apa Itu GPU dan Bagaimana Cara Mengetahui Jenis GPU Smartphone Android

Smartphone terutama android, mempunyai beberapa komponen seperti GPU, CPU, RAM dan masih banyak yang lainnya. Diantara komponen yang terdapat pada smartpone tersebut, GPU mempunyai peranan yang sangat penting dibandingkan dengan komponen - komponen lainnya. Mengapa Demikian, sebelumya kamu harus tau terlebih dahulu apa itu GPU. Silahkan simak penjelasan mengenai apa itu GPU berikut ini :

Apa Itu GPU

Graphics Processing Unit (GPU) atau biasa disebut juga Visual Processing Unit (VPU) adalah salah satu komponen penting yang berfungsi untuk mengolah grafis ketika membuka/menjalankan aplikasi. GPU sebenarnya hampir sama dengan CPU (Central Processing Unit), namun bedanya GPU memiliki ribuan cores. Jadi, GPU ini sangat penting untuk kinerja smartphone android terutama dalam menjalankan game atau aplikasi yang memiliki tingkat grafis yang tinggi. Ada beberapa jenis GPU Smartphone, seperti Adreno, Mali, PowerVR, Tegra, VideoCore Broadcome dan lain sebagainya.

Itulah mengapa GPU mempunyai peranan yang sangat penting dibandingkan dengan komponen lainnya, tanpa adanya GPU maka akan berakibat hanya muncul layar hitam pada smartphone kamu. Apabila kamu pernah mendownload sebuah game atau aplikasi, ketika kamu membuka game atau aplikasi tersebut dan yang muncul hanyalah layar hitam saja, maka dapat dipastikan bahwa game tersebut tidak cocok dengan GPU smartphone kamu.

Sekarang kamu sudah mengetahui apa itu GPU. Nah, untuk mengetahui jenis GPU yang terdapat pada smartphone android kamu, kamu bisa melakukan langkah - langkah berikut ini:

Cara Mengetahui Jenis GPU Smartphone Android

CPU-Z

Pertama adalah kamu download terlebih dahulu aplikasi yang bernama CPU-Z di Playstore (Klik Disini Untuk Mendonload).

Setelah kamu mendownload aplikasi CPU-Z dan menginstalnya, silahkan buka aplikasi tersebut. Dengan aplikasi CPU-Z ini sobat akan menemukan detail spesifikasi android milik sobat.

Lalu untuk mengetahui jenis GPU smartphone android kamu, silahkan menuju ke halaman/menu SOC. Nah, dimenu ini kamu dapat mengetahui jenis GPU yang tertanam di handphone android milik sobat.

Cara Mengetahui Jenis GPU Smartphone Android

Mudah Bukan!!!

Akhir Kata

Itulah dia penjelasan mengenai Apa Itu GPU dan Bagaimana Cara Mengetahui Jenis GPU Smartphone Android. Jangan lupa jika ka merasa bahwa postingan ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya ke teman - teman kamu ya. Sekian dan Terima Gaji Guys!!!

About Author

Related Post