YURISTGAMEINIGAMEID101

Begini Cara Mengatasi Android Yang Terkena Bootloop 100% Berhasil

Cara Mengatasi Bootloop

Bootloop adalah suatu keadaan dimana sistem android kamu tidak dapat melakukan booting, yang akibatnya adalah tidak dapatnya mengakses menu utama pada sistem android. Masalah bootloop ini memanglah sangat dibenci bagi pengguna smartphone, terlebih lagi bagi pengguna awam yang ketika mengalami masalah bootloop akan menganggap android mereka telah rusak.

Penyebab bootloop sendiri sangatlah beragam, dan kebanyakan, bootloop terjadi akibat kegiatan mengoprek android setelah mendapatkan akses root. Contohnya adalah merubah boot animations, merubah file system seperti system UI, Edil Build.prop dan masih banyak yang lainnya.

Untuk mengatasi terjadinya bootloop, Sekai no Gamer punya solusinya. Jika kamu ingin tahu solusinya seperti apa, simak ulangsan berikut ini.

Solusi Mengatasi Bootloop  Android

Kamu terlebih dahulu harus masuk ke Recovery Mode, cara masuk ke recovery mode pada setiap smartphone berbeda - beda tapi pada umumnya adalah kamu cukup menekan tombol Power + Volume Bawah Secara Bersamaan. Jika cara tersebut tidak berhasil silahkan kamu cari di google cara masuk kerecovery mode sesuai dengan tipe smartphone android kamu.

1. Factory Reset Android

Cara pertama ini terbilang cukup ampuh, tapi ada resiko yang harus kamu terima ketika melakukan cara ini yaitu seluruh data kamu akan terhapus secara permanen (Tidak berlaku Untuk Memori External).

Untuk melakukan factory reset berikut adalah caranya :

Cara Mengatasi Bootloop

Masuk Ke Recovery Mode > Pilih menu Backup & Restore > Pilih Backup > Pilih Menu Wipe Data/Factory Reset > Pilih Yes.

2. Menghapus Cache Sistem Android

Cara Mengatasi Bootloop

Masuk Ke Recovery Mode > Pilih Menu Advance > Pilih Wipe-Dalvik Chace > Pilih Menu Mounts Storage > Pilih Opsi Wipe/Cache.

3. Menghapus Cache Partition

Cara Mengatasi Bootloop

Masuk ke Recovery Mode > Pilih Menu Wipe Cache Partition > Pilih Yes.

Ketiga cara diatas dapat kamu lakukan apabila smartphone android kamu hanya mengalami bootloop ringan saja, apabila ketiga cara diatas telah kamu lakukan dan android kamu masih belum juga teratasi maka dapat dikatakan bahwa android kamu mengalami bootloop yang lumayan parah.

Satu - satunya cara untuk mengatasi bootloop parah tersebut adalah dengan cara flash ulang android kamu atau mengganti ROM android kamu. Cara melakukan flash ulang dan mengganti ROM android akan Sekai no Gamer bahas di lain kesempatan.

Akhir Kata

Itulah dia Cara Mengatasi Android Yang Terkena Bootloop 100% berhasil. Jika kamu suka artikel dari Sekai no Gamer, silahkan masukkan alamat email kamu di bawah pada kolom berlanggan artikel Sekai no Gamer agar kamu mendapatkan updetan terbaru dari Sekai no Gamer yang akan langsung masuk ke E-Mail kamu. Jangan lupa juga share artikel ini jika kamu merasa artikel ini bermanfaat....



Keyword : mengatasi android bootloop tanpa pc
samsung bootloop
cara mengatasi hp bootloop lewat pc
cara mengatasi bootloop xiaomi
penyebab bootloop
cara mengatasi bootloop dengan cwm
cara mengatasi bootloop oppo
memperbaiki android yang bootloop karena kerusakan file system

About Author

Related Post