YURISTGAMEINIGAMEID101

Istilah – Istilah Dalam Game MMORPG Yang Harus Di Ketahui Gamers Pemula


Di game MMORPG juga mempunyai istilah - istilah yang harus diketahui oleh gamers apalagi gamers pemula ( Newbie ). Sering kali Newbie tidak tau apa yang harus di lakukan ketika disuruh melakukan sesuatu karena istilah – istilah dalam game tersebut belum diketahui oleh Newbie, akibatnya banyak Newbie yang sering di katakan cuma membebani timnya karena hal tersebut. Kali ini saya akan memberikan istilah - istilah yang biasa digunakan dalam game MMORPG yang wajib diketahui oleh gamers pemula.

  • Defender/Tanker - Istilah game bagi class yang memiliki pertahanan kuat dan sering dimanfaatkan untuk menjadi pelindung tim, lebih tepatnya berada di baris depan dan memancing bos musuh, serta menahan setiap seranganya. Oleh karena itu Tanker berperan penting di dalam tim karena dia yang menjadi tameng bagi tim dari bos musuh yang memiliki serangan mengerikan. Kelemahan dari tipe hero ini adalah seranganya yang tidak begitu besar.
  • Healer/Dokter - Istilah di game online atau julukan bagi hero yang memiliki skill menambah heal point tim. Berperan penting dalam tim apalagi saat kita akan mengalahkan bos yang sangat mengerikan dan memberikan damage luar biasa. Nah Healer berperan menjaga heal point tim agar tidak mencapai 0. Maka class ini bisa dikategorikan sebagai Support namun lebih ke penjaga heal point agar tim tidak mati. Kelemahan dari tipe ini adalah pertahanannya kurang dan membuatnya menjadi cepat mati, serta serangannya tidak begitu besar.
  • Hitter/DPS/Attacker - Istilah game atau julukan bagi hero yang mempunyai serangan yang sangat luar biasa. Berperan untuk bisa menguras sebanyak-banyaknya darah bos musuh yang kuat. Biasanya bertugas menyerang dari belakang karena fokus bos tersebut sudah dialihkan oleh Tanker, jadi Hitter bisa dengan leluasa menyerangnya. Kelemahan dari tipe hero ini adalah HP yang tidak begitu besar sehingga dibutuhkan Tanker dan Healer. Serangan hero ini mengharuskannya berada dekat dengan musuh.
  • Mobber - Istilah game atau julukan bagi hero yang memiliki kelincahan tinggi. Ia biasanya bertugas memancing dan juga bisa melawan musuh yang besar namun lebih menghindari serangan. Tipe ini juga sering ditugaskan untuk memancing banyak musuh agar berkumpul di satu tempat dan mudah untuk diserang sekaligus. Agility-nya cukup besar, terkadang memiliki skill yang cukup mematikan di PVP. Kelemahhan dari tipe hero ini adalah heal point yang rendah.
  • Ranger - Istilah game atau julukan bagi hero yang memiliki serangan jarak jauh. Biasanya memiliki agility tinggi dan serangan yang cukup kuat. Bertugas untuk membantu Hitter mengurangi heal point musuh dari kejauhan. Juga kadang bertugas mengontrol pergerakan musuh dari kejauhan dan memberikan tanda untuk menghindar. Kelemahan dari tipe hero ini adalah heal point yang rendah dan kurangnya serangan jarak dekat.
  • Support - Istilah game atau julukan bagi hero yang kebanyakan skill-nya adalah untuk membantu tim. Biasanya memiliki serangan atau skill yang membantu temannya agar bisa memberikan serangan yang sangat maksimal, misal memberi buff atau efek penambah serangan. Julukan Support mencakup semua hero yang bertugas membantu dalam tim seperti membantu memberi buff, menghilangkan debuff, atau membantu menambah serangan. Kelemahan hero ini adalah dia tidak mudah jika digunakan sendiri.
  • Buff - Sebelum memulai menjelajahi Dungeon beberapa player kadang mengatakan istilah "Buff". Kata itu bertujuan meminta kita atau anggota team lain agar mengaktifkan skill yang bisa memberikan efek tambahan untuk memberi kekuatan lebih kepada tim. Selain buff ada juga istilah untuk efek yang mengurangi status kita yaitu debuff.
  • Heal - Istilah game online Heal biasanya diucapkan ketika heal point tim sedang kritis atau menjelang kematian. Kata yang biasa diucapkan kadang "heal please", "Darah dong", "Dokter mana dokter?!", yang semuanya bertujuan untuk meminta skill heal dari hero tipe Healer.
  • Tempa/Enhance/Up Item - Istilah Tempa sering diucapkan para gamers MMO saat sedang melakukan upgrade pada senjata yang dimilikinya. Tempa sering diartikan sebagai peningkatan stat pada equipment agar lebih kuat.
  • GB - sering digunakan oleh pemain MMO untuk meminta bantuan dari player yang lebih tinggi levelnya dibanding kita untuk membantu kita dalam meningkatkan level atau sekedar mendapatkan item yang diperlukan.
  • Leveling - Istilah game Leveling lebih ke meningkatkan level sampai maksimal dengan usaha bersama ataupun sendiri, bedanya dengan GB ya, GB kita tinggal enaknya aja, kalau leveling lebih ke usaha.
  • Noob/Newbie - Istilah ini sering diucapkan player game MMORPG terbaik kepada pemain baru. Newbie sih masih dianggap sopan karena lebih ke sebutan untuk pemain baru, tapi kalau Noob itu lebih merendahkan kemampuan player lain. Jadi alangkah baiknya bila kita memotivasi para player baru bukan merendahkannya agar game yang kita mainkan lebih menyenangkan. Kan kalau banyak player yang ramah, bermain game pun akan lebih berkesan.
  • Skill Area - Istilah game ini sering di gunakan untuk teknik atau jurus yang memiliki radius yang cukup besar, misal untuk Class Mage kebanyakan skill yang ia miliki adalah skill area seperti "Meteor Crusher" dari namanya juga sudah jelas hantaman meteor ya pasti radiusnya besar.
  • Dewa/Dewi - Istilah game ini sering diucapkan oleh player MMO untuk menjuluki player lain yang memiliki karakter dengan stat, equip, dan kemampuan yang luar biasa. Ada juga yang kadang menyebutkan "GG" namun sebenarnya itu adalah singkatan dari Good Game jadi lebih ke gamenya bukan playernya.
  • Drop Item - Istilah game untuk item yang didapatkan dari monster yang dikalahkan. Biasanya berbentuk equipment, bahan, jewel, potion, dan sebagainya. Drop Item akan semakin bagus bila kita mengalahkan musuh yang semakin sulit, jadi semakin sulit musuh maka semakin bagus Drop Item yang didapat.
  • Hunting/Farming - Istilah game ini hampir mirip dengan Leveling, namun istilah ini lebih mengarah ke mencari Drop Item. Hunting atau berburu adalah istilah yang sering diucapkan player MMO saat akan pergi ke Dungeon.
  • Party - Kalau istilah game online ini kalian pasti tau dong. Bukan Pesta ya, tapi Tim. Istilah Party menjadi populer di kalangan player karena banyak faktor seperti lebih keren, sudah dari sananya, banyak yang pakai, dan lain-lain. Tapi sebenarnya Party memiliki makna lain yaitu bersenang-senang bersama, jadi Party adalah bersenang-senang bersama tim.
  • Nge-lag/Lagger - Istilah Nge-lag sering dikatakan player saat koneksi lambat dan mengakibatkan permainan jadi kacau karena setiap gerakan tidak sinkron. Misal kita memukul satu menit yang lalu dan baru kena dua menit setelahnya. Lagger adalah istilah untuk player yang terkena lag tersebut. Gejala yang timbul adalah terlambatnya respon dalam game dengan pergerakan kita.
  • DC/Disconnect - Istilah DC sudah tidak asing lagi di telinga kita karena DC adalah hal paling memuakkan untuk player saat kita main game, apalagi saat kita sedang melawan bos yang sangat tangguh.
  • PVP & One By One - PVP singkatan dari Player VS Player dimana kita melakukan pertarungan antar Player dalam game, "PVP" dan "One by one" itu berbeda, "PVP" lebih berarti luas karena lebih mengacu kepada pertarungan tim dengan tim lainnya, sedangkan "One by One" lebih ke pertarungan 1 lawan 1.
  • PVE – PVE singkatan dari Player VS Enemy dimana kita melakukan pertarungan melawan monster dalam game. Biasanya kita melawan musuh di dungeon ataupun di tempat - tempat lainnya yang ada monsternya.
  • Cacat/Ampas/Sampah - Istilah ini memang sedikit kasar tapi istilah ini biasa di gunakan oleh player kepada player lain yang biasanya cuma membebani timnya saja, biasanya player yang ngucapin istilah tersebut adalah orang - orang yang serius dalam game yang di mainkannya.


Itu dia istilah - istilah dalam game MMORPG, jika istilah tersebut ada yang salah ataupun masih ada yang kurang silahkan kalian tambahkan di kolom komentar agar nantinya bisa saya langsung perbaiki.

About Author

Related Post