YURISTGAMEINIGAMEID101

Mengenal Apa Itu e-Sports Dan Bagaimana Perkembangannya Di Indonesia

esports


e-Sports merupakan singkatan dari Electronic Sport yang berarti olahraga elektronik, maksudnya adalah sebuah olahraga permainan video multipemain atau yang lebih tepatnya adalah bidang olahraga yang menggunakan game sebagai bidang kompetisinya. Struktur dan tingkatan pertandingannya sama seperti pada cabang olahraga biasanya, bedannya para atlet e-Sports tidak bertanding secara fisik tapi lebih mementingkan strategi dan dipertandingkan secara online melalui komputer sehingga masing-masing tim dapat bertanding  tanpa bertatap muka.


esport%2

Di Indonesia sendiri e-Sports dimulai dari sebuah ide dan gagasan terinspirasi dari perkembangan industri e-Sports di dunia yang berkembang dengan pesat sejak tahun 2000-an. Kegiatan gaming yang awalnya hanya sekedar hobi berkembang menjadi sebuah industri yang menjanjikan. e-Sport di Indonesia di dukung oleh IeSPA (Indonesia eSports Association) dan merupakan bagian dari FORMI ( Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia ). FORMI merupakan federasi yang telah diakui oleh Kemenpora ( Kementerian Pemuda dan Olahraga ), dan KONI ( Komite Olahraga Nasional Indonesia ) maupun KOI ( Komite Olahraga Indonesia ).

esport%3

Di beberapa negara yang industri e-Sportsnya sudah maju seperti Swedia, Taiwan, China, Korea, Singapore, asosiasi e-Sports di negara tersebut sepenuhnya didukung oleh pemerintah negara melalui berbagai kementerian. Oleh karena itu, IeSPA perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah agar  kedepannya IeSPA dapat menjadi wadah resmi satu-satunya bagi komunitas dan stakeholders di bidang e-Sports yang diakui oleh pemerintah dan mampu memajukan industri e-Sports di Indonesia.

esport%4

Saat ini IeSPA masih dalam tahap audiensi dengan pihak KOI, untuk mencari dukungan memasukkan e-Sports sebagai salah satu cabang olahraga yang diakui untuk olimpiade. Dengan resminya IeSPA di mata pemerintah, para gamer kompetitif bisa lebih yakin hobi ( atau bahkan profesi untuk beberapa orang ) mereka ini akan mendapatkan dukungan lebih dari pemerintah. Genre permainan yang biasa menjadi pertandingan dalam e-Sport adalah Real Time Strategy ( RTS ), Fighting, First Person Shooting ( FPS ), Massively Multiplayer Online ( MMO ), dan Racing.

esport%5

Di Indonesia  sendiri sudah sering mengadakan kegiatan e-Sport yang dilaksanakan oleh developer game Indonesia seperti Gamescool, Garena, Lyto dan masih banyak yang lainnya. Tapi sayangnya kegiatan e-Sport yang resmi diadakan oleh pemerintah Indonesia masih sedikit. Beberapa game yang saat ini sudah di jadikan pertandingan e-Sport di Indonesia adalah Hon, League of Legend, Dota 2, PointBlank, Counter Strike Online, dan masih banyak lagi yang lainnya.

About Author

Related Post

3 komentar

avatar

keren, semoga aja secepatnya turnament besar ada diindonesia

Balas
avatar

semoga indonesia makin jaya dengan adanya esport

Balas
avatar